Rabu, 16 September 2015

Ini standarku, Kamu?



Standar Referensiku Juga Tinggi

Masih menggarap beberapa cerpen yang akan dicarikan jodohnya di beberapa media, mata ini terserang kantuk yang luar biasa. Entah itu karena efek minuman teh serai yang kubuat sebagai pengusir angin yang bertandang di badan, atau memang doaku terkabul untuk merasakan nikmatnya tidur yang nyenyak. 

Masih saja bandel tidak segera tidur, tanganmu gatel untuk memilih aplikasi facebook. Tujuanku hanya satu, ingin memebaca karya yang segar karena tulisanku terasa hambar ditengah perjalanan cerita. Alih-alih sedang menyeleksi bacaan yang ditemukan adalah tulisan yang empunya rumah KBM, grup yang sudah kuanggap sebagai tempat tinggal ke dua.

Ada beberapa tulisan pak Isa Alamsyah yang kubaca dan ditinggali emot senyum cengengesan. Satu yang menarik adalah penjelasan tentang tingginya standart tahap editing yang dilakukan oleh bunda Asma yang tak lain adalah istrinya. Tulisan masuk yang akan disatukan dalam antologi atau buku solonya akan mengalami tahap 3-4 bahkan 10 kali editing. Jeli dan tegasnya wanita hebat satu ini, menurutku. Benarlah yang dilakukannya itu. Standart tinggi bunda Asma memang melahirkan karya yang luar biasa sedapnya untuk dinikmati. Ibarat makanan, karya bunda itu akan memanjakan lidah siapapun yang menikmatinya. Wuidih …. Keren, kan!

Begitu pun aku. Standar bacaanku juga tinggi. Jika saja aku dianggap sombong, tak mengapa. Dalam grup atau bacaan, aku selalu mensortir dulu karya yang enak dilahap. Bacaan yang oke akan menginspirasi kita menulis yang oke pula. Jadi ingat, ketika aku mengatakan malu bila puisiku dikritik oleh pemuisi hebat, maka yang beliau katakana lebih tidak hebat lagi jika karyamu dikritik oleh mereka yang biasa saja. Plak! Masuk akal kan?

Baiklah. Walau pun kalian belum mengenalku siapa sebenarnya, tapi aku tetapmeminta doa tulusnya untuk aku pun kelak menjadi penulis wanita yang hebat seperti bunda Asma Nadia. Bismillah. Bersama Allah aku, kau dan kita semua bisa.

ZT, 13/08/2015 – Lima Belas Menit Menuju Pergantian Tanggal

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih sudah berkunjung. Sila tinggalkan komentar yaaa :)